Jumat, 30 Oktober 2009

Sony Cyber Shot R1

Sony Cyber Shot R1 adalah kamera dengan resolusi 10.3 Megapixel, dengan lensa Carl Zeiss wide, 5x optical zoom dan memiliki juga kemampuan digital zoom 2X Precision Digital atau Smart Digital mencapai 15X zoom.


Kamera ini bentuknya seperti DSLR, berwarna hitam. Menggunakan EVF (Electronic View Finder), juga dilengkapi dengan LCD yang terletak dibagian atas tempat yang biasa terletak hotshoe untuk flash external. Kamera ini juga dilengkapi dengan hotshoe namun letaknya agak kesamping mendekati tombol shutter.


Spesifikasi :
- 10.3 Megapixel Effective
- Resolusi Maximum 3888 x 2592
- 5x Optocal Zoom
- Auto Focus
- Manual Focus
- Shutter Speed 1/2000 sampai 30 detik (bulb 3 menit)
- ISO : Auto, 160, 200, 400, 1600, dan 3200
- Macro terdekat 35cm
- File Format : JPEG, RAW .SR2
- Video Out NTSC / PAL
- 2" TFT color (134,000 pixels) LCD
- Self Timer : 2, 10 detik
- Internal Flash
- Hot Shoe
- USB 2.0
- Battery : NP-FM50 InfoLithium® Rechargeable Battery
- AF Assist lamp
- Storage : Memory Stick, Memory Stick Pro, CompactFlash I dan II
- Exif 2.2
- Berat 1047g (dengan battery)
- Ukuran 5.5 x 3.8 x 6.6 in

Official website : Sony CyberShot DSC-R1

More Information :
Sebuah product keluaran Sony untuk menyempurnakan product yang cukup banyak diminati orang sebelumnya Sony DSC F828. Kamera DSC-R1 menggunakan sensor CMOS dengan ukuran APS untuk hasil foto yang baik. Ukuran sensor CMOS yang besar, membuat kamera ini mampu menangkap cahaya lebih baik dan pengurangan noise yang cukup significan. Kamera ini dilengkapi dengan setting pilihan ISO sampai 3200.

LCD yang berada dibagian atas terlihat unik namun cukup membantu, terutama karena LCD tersebut juga bisa diputar sesuai keperluan. Selain LCD, kamera ini juga dilengkapi dengan Electronic View Finder, yang bisa mencapai keakuratan maksimal dibanding object sebenarnya.

Kamera ini dilengkapi dengan lensa Carl Zeis yang selama ini dikenal memberikan hasil yang indah, lensa ini dilengkapi juga dengan 5x perbesaran optical yang dapat dilakukan dengan pergerakan motor seperti kamera prosumer biasanya, atau juga bisa diputar langsung dengan tangan seperti ketika kita menggunakan DSLR kamera, agar bisa lebih cepat menyesuaikan zoomnya.

Waktu yang diperlukan untuk start up, agar kamera ini siap untuk digunakan adalah 1.8 detik, dengan shutter lag yang cepat untuk moment yang memerlukan kecepatan. Untuk Flash recyclenya juga sangat cepat untuk ukuran prosumer, namun ini juga tergantung dari jarang antara kamera dengan object untuk menentukan seberapa kuat flash yang akan ditembakan.

Sony DSC-R1, seperti pendahulunya, memiliki slot memory untuk Memory Stick dan Memory Stick Pro, namun seperti pendahulunya F828, kamera ini juga dilengkapi dengan slot untuk Compact Flash type I dan type II (Microdrive) sehingga pengguna dapat menentukan jenis memory yang akan digunakan.

Penggunaan format JPG untuk multple shoot pada kamera ini cukup baik, namun kamera ini tidak memiliki kemampuan untuk menangkap multiple shoot pada format file RAW, karena kamera Sony DSC-R1 tidak memiliki tempat untuk menyimpan file buffer lebih dari 2 file RAW, sehingga kita harus menunggu proses penyimpanan file RAW tersebut sebelum melanjutkan shoot berikutnya.

Konsumsi battery pada kamera ini juga sangat baik, bisa lebih dari ratusan foto sebelum battery perlu di recharge kembali. Ini juga tergantung dari seberapa banyak kita menggunakan internal flash dan review melalui LCD. Namun selalu disarankan untuk memiliki battery cadangan untuk kondisi yang tidak terduga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar